MPK (Majelis Perwakilan Kelas) Apa siiiih MPK itu?....
07.30 | Author: OSIS MPK SMANETA LUAR BIASA !!!

Sekolah sebagai lembaga pendidikan mempunyai kewajiban dan tanggungjawab mendidik, membina, melatih dan membekali para siswa sebagai generasi penerus perjuangan bangsa maka dari itu kita sebagai siswa siswi SMAN 1 Tumpang juga perlu untuk belajar berorganisasi.

Supaya, kita semua sadar akan kewajiban, peranan dan tanggungjawab kita terhadap dirinya sendiri, keluarga, sekolah, Bangsa dan Negara, dalam rangka pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

            Selain pengurus OSIS, di SMA ini kami para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 1Tumpang menghimpun diri dalam satu organisasi yang bernama Majelis Perwakilan Kelas (MPK) yang didirikan bersama dengan pengurus OSIS untuk mengontrol dan menjaga kstabilan kinerja dan seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus OSIS.

Organisasi ini berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan kekeluargaan + kegotongroyongan, jadi disini kita bermusyawarah berdasarkan kekeluargaan yang kita jalin di SMAN 1 Tumpang supaya apa yang dilaksanakan oleh pengurus OSIS tidak menyimpang dari apa yang seluruh warga SMANETA inginkan.

Beberapa dari tujuan kita, yaitu:
1. Mempersiapkan siswa-siswi penerus perjuangan bangsa dengan memberikan bekal keterampilan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, kepribadian dan budi luhur di dalam menjalankan tugas di organisasi MPK.
2. Melibatkan siswa dalam proses kehidupan berbangsa yang dituangkan dalam musyawarah setiap anggota.
3. Membina siswa berorganisasi untuk pembekalan pendidikan kepemimpinan.

Fungsi dari MPK itu sendiri adalah:
1. Menampung dan menyaring aspirasi siswa-siswi SMA Negeri 1 Tumpang.
2. Mengawasi kinerja OSIS.
3. Membantu OSIS dalam pelaksanaan program kerja yang telah dibuat.
4. Meminta pertanggungjawaban OSIS atas pelaksanaan program kerja.
5. Menjadi pengadil dalam sidang yang diadakan OSIS.
6. MPK memberi laporan kepada Kepala Sekolah setiap akhir masa jabatan.

Organisasi ini berbentuk kesatuan dan bersifat formal, jadi apapun yang terjadi kita harus taat terhadap budaya formalitas di negara Indonesia ini.

Mau bergabuuuung???
     Ada syaratnya, yaitu:
1. Anggota organisasi ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tumpang yang telah mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan dan Pelatihan Calon Pengurus Baru yang selalu dilaksanakan setiap periode.
2. Anggota MPK merupakan perwakilan siswa-siswi dari setiap kelas yang aktif dalam keorganisasian, dalam hal ini biasanya pada waktu tes, panitia yang menilai.
3. Keanggotaan berakhir apabila siswa tidak menjadi siswa SMA Negeri 1 Tumpang, mengundurkan diri atau meninggal dunia

Setiap anggota mempunyai hak yang sama dalam MPK dan melaksanakan kewajiban menurut tugasnya masing-masing.

Tugas dari seorang ketua adalah mengkondisikan mengatur dan memberi arahan untuk seluruh anggota yang selalu setia mendampinginya. Untuk tugas dari sekretaris adalah menulis dan mengatur kesekretariatan serta seluruh dokumen setiap kegiatan MPK. Bendahara bertugas mengawasi keuangan OSIS dan mengontrol kas MPK sendiri.

Dan untuk setiap komisi (1 s/d 8) tugasnya mengontrol, membantu dan mengawasi semua kinerja dan kegiatan yang dilaksanakan sekbid yang berhubungan dengan komisi tersebut. Contohnya komisi 1 bertugas mengawasi dan mengontrol kerja dari sekbid 1 serta menampung aspirasi warga SMANETA tentang kegiatan yang diadakan sekbid 1 tersebut, dan seterusnya untuk komisi yang lain.

Sebenarnya tugas MPK secara umum hampir sama dengan MPR yang bertugas dengan Presiden untuk menjalankan sebuah negara yang harmonis.
|
This entry was posted on 07.30 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: